manajemen 2.0 di pt nutrifood


Profil perusahaan
Berdiri sejak tahun 1979, Nutrifood memproduksi dan memasarkan berbagai produk makanan dan minuman kesehatan berkualitas internasional dengan berbagai merek terkemuka. Kantor pusat kami berada di Jakarta, dengan jaringan distribusi yang menjangkau lebih dari tiga puluh negara di dunia.
Nutrifood adalah perusahaan yang secara inovatif menginspirasi dan membantu setiap individu untuk mencapai keseimbangan hidup dengan menjalankan pola hidup sehat yang menyenangkan dan memperhatikan asupan nutrisi sehingga dapat menikmati hidup sehat lebih lama
Kegiatan kami didukung oleh tiga pilar:
  1. Produk dan layanan berkualitas
    Nutrifood secara inovatif menyediakan produk dan layanan premium yang bermutu tinggi, memberi kemudahan dan menyenangkan, serta efektif berdasarkan pendekatan ilmiah.
  2. Manajemen yang profesional
    Nutrifood didukung oleh tim ahli yang profesional serta memiliki komitmen tinggi, berpengalaman dan inovatif dalam memaksimalkan kualitas produk dan layanan
  3. Program yang melibatkan pemangku kepentingan
    Nutrifood secara inovatif dan proaktif melakukan edukasi dan promosi gaya hidup sehat dan bernutrisi yang melibatkan pemangku kepentingan utama (Key stakeholders).

Visi & Misi
Nutrifood berusaha untuk menjadi pioneer dan pemimpin pasar dalam memberikan solusi atau cara yang tepat kepada pelanggan kami untuk meraih kehidupan yang lebih sehat, lebih nikmat dan penuh arti, baik untuk saat ini maupun di masa mendatang.

” Inspiring a Nutritious Life “
Untuk mewujudkan misi tersebut, Nutrifood berusaha memahami pelanggan dalam setiap fase kehidupan yang dialaminya, mengidentifikasi kebutuhan unik mereka, dan memberikan solusi; terutama melalui produk dan pelayanan bernutrisi untuk meraih kehidupan yang lebih sehat dan berkualitas. Nutrifood hadir untuk menginspirasi kehidupan yang bernutrisi.
Nilai-nilai bisnis utama dari Nutrifood adalah :
  • Nutrifood menekankan pada integritas dan keberlangsungan bisnis jangka panjang. Kami berusaha mempertimbangkan dampak jangka panjang dalam setiap pengambilan keputusan, berkomitmen dalam memberikan solusi yang telah teruji efektif.
  • Nutrifood bergerak sebagai boutique company yang memiliki karakter, unik, inovatif, dan premium.
  • Nutrifood percaya bahwa pencegahan lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, kami memberikan produk dan jasa yang bersifat preventif untuk dimanfaatkan oleh pelanggan kami.
  • Nutrifood percaya bahwa kesehatan dan kenikmatan dapat berjalan selaras. Berbagai produk dan jasa yang kami berikan merupakan kombinasi dari sesuatu yang sehat, nikmat dan mudah untuk dikonsumsi.


Budaya Perusahaan
Dalam menjalankan setiap aktivitasnya, Nutrifood selalu berpegang pada prinsip I-CARE, yaitu:
  • Integrity
    Dapat diandalkan dan konsisten dalam nilai pribadi, pekerjaan dan universal.
  • Collaboration
    Bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.
  • innovAtion
    Berpikir kreatif dan berinovasi.
  • Respect
    Menghargai perbedaan.
  • Excellence
    Berusaha untuk meraih hasil yang lebih baik.










 Manajemen 2.0 di PT nutrifood
Konsep manajemen 2.0 adalah mengembalikan kemanusiaan ke dalam dunia kerja yang sudah tereduksi oleh revolusi industri. Tata kelola manusia di sebuah perusahaan seharusnya juga bisa meniru apa yang sudah berjalan baik di luar perusahaan.
Keluarga adalah lingkungan ideal untk melihat manajemen dan relasi orang. Dalam keluarga, tak dikenal istilah hubungan kontrak dan tak ada pula deskripsi pekerjaan seperti di kantor. pemberlakuan deskripsi pekerjaan di perusahaan hanya untuk kepentingan sebuah peran.
Lingkungan ideal berikutnya adalah komunitas. Orang-orang di dalamnya disatukan oleh nafas, visi dan ikatan yang sama serta kuat. Perusahaan juga bisa meniru apa yang dilakukan oleh komunitas karena adanya visi yang jelas. Dan kepercayaan menjadi unsur mendasar. Terkait dengan pola perekrutan karyawan, Nutrifood pun mengedepankan passion dan trust untuk menentukan posisi terbaik bagi orang tersebut.
tata kelola karyawan di Nutrifood tidak menerapkan absensi dan sanksi.
“Semua orang akan mengaku bisa dipercaya. Dalam perusahaan, ini akan tergantung pada leader-nya. Mau percaya atau tidak. Itulah yang diterapkan di Nutrifood,”
Nutrifood menerapkan “Kepemimpinan Empat Lensa” yang terdiri dari lensa pengetahuan, lensa sistem, lensa data dan lensa manusia.
Dalam lensa pengetahuan, obyektivitas kini dianggap sebagai mitos. Pasalnya, obyek akan selalu dipersepsikan berbeda-beda. Yang dibutuhkan sebenarnya adalah pemahaman terhadap fakta dan persepsi yang sama dengan peta dan wilayah.
Lensa kedua adalah mengenai sistem yang dinilai penentu kinerja, operasional dan hubungan non linear. Itu sebabnya Nutrifood tidak memberlakukan sanksi karena bila ada kesalahan maka yang dilihat adalah sistem dan bukan manusianya. Masalah akan diperbaiki oleh sistem pula, bukan oleh orang per orang.
Lensa ketiga adalah terkait data dan bagaimana memahaminya. Pak Mardi wu (ceo nutrifood) menilai data sangat dibutuhkan perusahaan. Namun adakalanya data bisa diukur dan tidak. “Angka itu penting, tetapi harus disertai konteks,” Di Nutrifood, tidak semua bagian nir absensi., ada bagian yang tetap memperlakukan absensi karena memang ada tugas yang memerlukan kesamaan waktu dan disiplin.
Nutrifood menggunakan tata kelola personal yang memang tak lazim. Tetapi Mardi Wu dengan rendah hati menilai itu bukan yang terbaik. “Ini hanya cara alternatif, bukan yang paling baik atau lebih baik” tutupnya.


2 comments:

Powered by Blogger.