Sistem Informasi Pembelian

10:25:00 PM

  Sistem Informasi Pembelian
Sistem akuntansi pembelian digunakan dalam perusahaan untuk pengadaan barang yang diperlukan oleh perusahaan. Transaksi pembelian dapat digolongkan menjadi dua: pembelian lokal dan impor. Pembelian lokal adalah pembelian dari pemasok dalam negri, sedangkan impor adalah pembelian dari pemasok luar negri. (Mulyadi, 2001, 299)
Transaksi pembelian secara umum dapat dikategorikan sebagai berikut:

Sistem Informasi

10:23:00 PM

 Sistem Informasi
Sistem merupakan sekelompok komponen yang saling berhubungan, bekerja bersama untuk mencapai tujuan bersama dengan menerima input serta menghasilkan output dalam proses transformasi yang teratur. (James A. O’Brien, 2005, 29)
Sistem pada dasarnya adalah sekelompok unsur yang erat hubungannya satu dengan yang lain, yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu. (Tata Sutabri, 2004, 9)
            Dari definisi dapat dirinci lebih lanjut pengertian sistem secara umum, yaitu:
a.       Setiap sistem terdiri dari berbagai unsur.
  1. Unsur-unsur tersebut merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sistem yang bersangkutan.
  2. Unsur-unsur di dalam sistem tersebut bekerja sama untuk mencapai tujuan sistem.
  3. Suatu sistem merupakan bagian dari sistem lain yang lebih besar.

Pengertian Piutang

10:43:00 PM

Pengertian Piutang 
Pada umumnya, perusahaan-perusahaan lebih menyukai penjualan secara tunai, karena dengan demikian perusahaan akan dapat menghemat sejumlah biaya dan dapat menghindarkan diri dari sejumlah risiko yang sangat mungkin timbul jika penjualan dilakukan secara kredit. Namun, untuk meningkatkan penjualan, di samping melakukan penjualan tunai, perusahaan juga melayani pembelian secara

Penjualan Kredit

10:42:00 PM

Penjualan merupakan suatu transaksi yang melibatkan penjual dan pembeli pada kegiatan usaha dalam menyerahkan produk yang berupa barang ataupun jasa. Sedangkan penjualan kredit adalah penjualan yang dilakukan secara non-tunai, dalam hal ini laba yang diharapkan adalah lebih besar daripada penjualan tunai.
Cara mengetahui apakah pemberian kredit dapat bermanfaat bagi perusahaan dalam meningkatkan laba bersih adalah dengan menghitung tingkat

Arti Pentingnya Penjualan

9:23:00 AM

 Arti Pentingnya Penjualan
Kadang orang mempunyai pengertian yang salah tentang penjualan yang dianggap sama dengan istilah pemasaran. Padahal kedua istilah tersebut mempunyai ruang lingkup yang berbeda. Pemasaran meliputi kegiatan yang luas, sedangkan penjualan hanyalah merupakan salah satu kegiatan saja dalam pemasaran. Seperti yang dijelaskan dalam pemasaran oleh Phillip Kotler bahwa proses pemasaran itu dimulai sejak sebelum juga tidak berakhir dengan adanya penjualan. Hal yang paling penting bagi pengusaha yang menginginkan usahanya dapat berjalan terus ialah pengusaha harus mampu memberikan kepuasan kepada konsumen dan memberikan jaminan yang lebih baik atas barang dan jasa yang dapat dilakukan setelah penjualan.
Menjual adalah ilmu dan seni yang mempengaruhi pribadi yang dilakukan oleh penjual untuk mengajak orang lain agar bersedia membeli barang atau jasa yang ditawarkan (Basu Swasta, 1993 : 8).
Dengan detinisi tentang menjual tersebut maka penjualan dapat diartikan sebagai suatu proses dart ilmu dan seni yang mempengaruhi pribadi yang dilakukan oleh penjual untuk mengajak orang lain agar bersedia membeli barang atau jasa yang ditawarkan. Dalam segala

Pengertian Promosi

9:22:00 AM

Promosi merupakan salah satu variabel marketing mix yang sangat penting dilakukan olerh perusahaan dalam memasarkan produknya, adapun yang dimaksudkan promosi sebagai berikut :
Arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran (Basu Swasta dan Irawan, 1990 : 241).
   Macam-macam Promosi 

Periklanan 
Publisitas 
Personal Selling
Personal Selling





Pengertian Bisnis

2:19:00 AM

Pengertian Bisnis
Menurut Hughes dan Kapoor (Sugiyono, 2003, p20) menyatakan bisnis adalah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapat keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.
Menurut Brown dan Petrello (Sugiyono, 2003, p20) menyatakan bisnis adalah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Menurut Alma, Buchari (Sugiyono, 2003, p20) menyatakan bisnis adalah sejumlah total usaha yang meliputi bidang pertanian, produksi, konstruksi, distribusi, transportasi, komunikasi, perhotelan, usaha jasa dan pemerintah, yang bergerak dalam bidang membuat dan memasarkan barang dan jasa ke konsumen.
Berdasarkan tiga definisi tersebut, dapat dikemukakan bahwa kegiatan bisnis itu dapat dilakukan secara individu maupun kelompok yang terorganisir dalam suatu institusi, dengan tujuan menghasilkan atau memasarkan

Tipe-tipe strategi

2:16:00 AM

Tipe-tipe strategi 
Menurut Rangkuti (2000, p6-7) pada prinsipnya strategi dapat dikelompokkan berdasarkan 3 tipe strategi yaitu, strategi manajemen, strategi investasi dan strategi bisnis.
1.     Strategi Manajemen, meliputi strategi yang dapat dilakukan oleh manajemen dengan orientasi pengembangan strategi secara makro, misalnya : strategi pengembangan produk, strategi penerapan harga, strategi akuisisi, strategi pengembangan pasar, strategi mengenai keuangan, dan sebagainya.
2.     Strategi Investasi, merupakan kegiatan yang berorientasi pada investasi, misalnya : apakah perusahaan ingin melakukan strategi pertumbuhan yang agresif atau berusaha mengadakan penetrasi pasar, strategi bertahan, strategi pembangunan kembali suatu divisi baru atau strategi divestasi, dan sebagainya.

standar akuntasi

10:20:00 AM
IFRS: Sebuah penyeragaman standar
IFRS merupakan standar akuntansi internasional yang diterbitkan oleh International Accounting Standar Board (IASB). Standar Akuntansi Internasional disusun oleh empat organisasi utama dunia yaitu Badan Standar Akuntansi Internasional (IASB), Komisi Masyarakat Eropa (EC), Organisasi Internasional Pasar Modal (IOSOC), dan Federasi Akuntansi Internasional (IFAC). International Accounting Standar Board (IASB) yang dahulu bernama International Accounting Standar Committee (IASC), merupakan lembaga
independen untuk menyusun standar akuntansi. Organisasi ini memiliki tujuan mengembangkan dan mendorong penggunaan standar akuntansi global yang berkualitas tinggi, dapat dipahami dan dapat diperbandingkan (Choi et al., 1999).
Natawidnyana (2008) menyatakan bahwa sebagian besar standar yang menjadi bagian dari IFRS sebelumnya merupakan International Accounting Standars (IAS). IAS diterbitkan antara tahun 1973 sampai dengan 2001 oleh IASC. Pada bulan April 2001, IASB mengadopsi seluruh IAS dan melanjutkan pengembangan standar yang dilakukan. International Financial Reporting Standars mencakup:
· International Financial Reporting Standars (IFRS) – standar yang diterbitkan setelah tahun 2001
· International Accounting Standars (IAS) – standar yang diterbitkan sebelum tahun 2001

Pengertian Pemasaran

10:47:00 PM

Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak bisa lepas dari kegiatan pemasaran (marketing) karena pemasaran merupakan bagian dari kehidupan manusia yang turut berkembang bersama manusia itu sendiri.
Pemasaran merupakan sebuah faktor penting dalam siklus yang bermula dan berakhir dengan kebutuhan konsumen.
Kegiatan pemasaran sering disalahartikan dengan kegiatan penjualan dan promosi. Penjualan dan promosi merupakan salah satu dari fungsi pemasaran.
Definisi marketing atau pemasaran mennurut Philip Kotler (1996 : 6) adalah:
"Marketing is a social and managerial process by which individuals and groups obtain what they need and want through creating, offering and exchanging product of value with others”.
Sedangkan  menurut William J. Stanton  yang dialih bahasakan oleh Drs. Basu Swastha DH.  Dan  Drs. Irawan (1997 : 5) adalah:
“Pemasaran (marketing) adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun kepada pembeli potensial”.



Berdasarkan beberapa pengertian di atas, maka penulis berusaha menyimpulkan arti dari pemasaran sebagai berikut:
Pemasaran adalah suatu usaha yang dilakukan individu maupun kelompok untuk menentukan kebutuhan dan keinginan konsumen atau masyarakat. Usaha manusia dalam memuaskan

Pengertian Anggaran

12:47:00 AM

Pengertian Anggaran
Anggaran sangat diperlukan oleh perusahaan karena merupakan suatu alat perencanaan dan pengendalian.
Definisi anggaran menurut Munandar (1990,9) adalah sebagai berikut :
“Anggaran adalah suatu rencana yang disusun secara sistematis yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan yang dinyatakan dalam unit (satuan) moneter dan berlaku
untuk jangka waktu (periode) tertentu yang akan datang”.

Sedangkan Matz, dkk mengemukakan pengertian anggaran sebagai berikut:
“The budget is the written expression of management’s plans for the future”.
Dari kedua definisi di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa anggaran adalah suatu perencanaan tertulis, yang dinyatakan dalam bentuk angka, mengenai kegiatan manajemen dalam periode waktu tertentu (biasanya 1 tahun).

Penggolongan Biaya Pemasaran

12:45:00 AM

Penggolongan Biaya Pemasaran
Menurut Mulyadi (1993,530), biaya pemasaran secara garis besar dapat dibagi menjadi dua golongan, yaitu :
1.      Biaya untuk mendapatkan pesanan (order-getting cost), yaitu semua biaya yang terjadi dalam usaha memperoleh pesanan. Contoh biaya yang termasuk golongan ini antara lain : biaya gaji wiraniaga (sales person), komisi penjualan, advertensi, dan promosi.
2.      Biaya untuk memenuhi pesanan (order-filling cost), yaitu semua biaya yang dikeluarkan untuk mengusahakan agar produk sampai ke tangan pembeli termasuk juga biaya-biaya untuk menagih piutang dari pembeli. Contoh biaya yang termasuk golongan ini adalah : biaya pergudangan, biaya pembungkusan dan pengiriman, biaya angkutan, dan biaya penagihan.

Pengertian Controller

12:44:00 AM

Banyak orang berpandangan salah mengenai definisi Controller. Secara umum dapat dikatakan bahwa Controller merupakan pejabat tertinggi di bagian fungsi akuntansi dan tidak melekat pada jabatannya tetapi melekat pada fungsinya.
Untuk memperjelas pengertian Controller, di bawah ini penulis memberikan beberapa definisi Controller.
Pengertian Controller secara luas menurut Goodman dan Reece (1978,16) adalah sebagai berikut :

“The Controller is the financial executive of a large or medium sized corporation who combines the responsibilities for accounting, auditing, budgeting, profit planning, performance reporting, tax control, and other corporation activities”.


Pengertian Controller yang lebih terperinci dikemukakan oleh Hammer, dkk. (1994,7) sebagai berikut :
“The Controller is the executive manager responsible for the accounting function. The Controller coordinates management’s participation in planning and controlling the attainment of objectives, in determining the effectiveness of policies, and in creating organizational structure and processes. The Controller is also responsible for observing the methods of planning and control throughout the enterprise and for proposing improvements in the team”.


Pengertian Controller menurut Matz dan Usry yang dialihbahasakan oleh Sirasit dan Wibowo (1994,8) adalah sebagai berikut:
Controller

Pengertian Kepemimpinan

12:39:00 AM

Permadi (1996:13) dengan mengutip  teori Dimock dan Koenig, mengatakan bahwa inti dari manajemen adalah kepemimpinan (leadership is the key to management).
Maman Ukas (1999:252) dalam bukunya Manajemen (Konsep,       Prinsip, dan Aplikasi) menyatakan bahwa: “Kepemimpinan  berarti kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk dapat mempengaruhi orang lain, agar ia mau berbuat sesuatu yang dapat membantu pencapaian suatu maksud dan tujuan.”
     Sedangkan Komaruddin (1993:27) berpendapat bahwa:
     “Kepemimpinan adalah proses untuk mempengaruhi kegiatan kelompok yang terorganisasi dalam upaya menetapkan dan mencapai tujuan. Kepemimpinan bertugas untuk membuat keputusan, menetapkan sasaran, memilih dan mengembangkan personalia, mengadakan komunikasi, memberikan motivasi, dan mengawasi pelaksanaan menejemen.”


     Berdasarkan pendapat di atas, pada dasarnya kepemimpinan adalah suatu keahlian yang dimiliki oleh seseorang untuk mempengaruhi orang lain, agar orang tersebut mau bekerja untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.
Seorang pimpinan agar dapat mempengaruhi bawahannya harus mengerti setiap tindakan pegawainya. Tetapi untuk dapat mengerti diperlukan pengamatan  atas setiap aspek perilaku mereka sebagai manusia. Oleh sebab itu, setiap pimpinan perlu sekali memahami berbagai cara pendekatan demi pengembangan kepribadiannya dan anak buahnya. Ada tiga teori pengembangan kepribadian yang utama, yaitu:
·      Teori psiko-analitik
Menurut teori ini, untuk dapat memahami kepribadian seseorang, kita harus melihat ke dalam dirinya (intrapsy-chic) apa yang menjadi dasar perilakunya.
·      Teori sifat atau perangai
Kepribadian seseorang selalu tetap tidak berubah. Oleh sebab itu mudah sekali untuk memperkirakan perilaku seseorang.
·      Teori kebutuhan
Teori hierarki kebutuhan merupakan teori yang dikenal dengan teori Maslow atau teori motivasi, yaitu:
1.    Biological needs, kebutuhan biologis, seperti kebutuhan akan makan, minum, seks, dan sebagainya.
2.    Safety needs, kebutuhan akan rasa aman.
3.    Belongingness needs, kebutuhan untuk diterima dan dihormati orang lain.
4.    Esteem needs, kebutuhan untuk mempunyai citra baik.
5.    Self-actualization needs, kebutuhan untuk menunjukkan prestasi yang terbaik.
Seorang pemimpin hendaknya benar-benar bisa mempelajari perilaku dan sifat para bawahannya, karena akan mempermudah pimpinan dalam membuat suatu keputusan agar tidak merugikan kedua belah pihak. Oleh karena itu dikatakan bahwa inti kepemimpinan ialah pengambilan keputusan.
Permadi dalam bukunya Pemimpin dan Kepemimpinan dalam Manajemen (1996:14) mengemukakan bahwa selanjutnya dalam proses pengambilan keputusan oleh pimpinan yang perlu dipertimbangkan ialah human relations, terutama hubungan antara pimpinan dan bawahan , sebagai staf

Pemasaran

7:09:00 PM

Secara umum pemasaran mencakup aktivitas-aktivitas yang sangat luas seperti aktivitas penjualan, penelitian pemasaran, merencanakan saluran distribusi, merencanakan kebijakan harga, kebijakan promosi dan lain-lain dimana aktivitas ini ditunjukan untuk dapat mengindentifikasi keinginan konsumen pasar sasaranya. Lalu bagaimana memuaskan mereka secara lebih efektif dan efesien dibandingkan dengan pesaingnya.
Dibawah ini dijelaskan pengertian pemasaran dari beberapa ahli, diantaranya adalah :
Menurut Philip Kotler (2000:9) :
“Marketing is a societal process by which individuals and groups obtain what they need and want through creating, offering, and freely exchanging products and services of value with others”
Menurut Magnard dan Beckman yang dikutip oleh Buchari Alma (2000:1) 
“ Pemasaran berarti segala usaha yang meliputi penyaluran barang dan jasa dari sektor produksi ke sektor konsumsi “.
Berdasarkan uraian dari kedua definisi diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa pemasaran merupakan suatu hubungan dari
Powered by Blogger.