Pengertian Manajemen



   Pengertian Manajemen
Manajemen berperan dalam mengkombinasikan faktor-faktor produksi. Proses manajemen terdiri dari kegiatan-kegiatan utama yang disebut dengan fungsi-fungsi manajemen. Fungsi-fungsi manajemen yang dimaksud adalah fungsi perencanaan, pengorganisasian, penyusunan kepegawaian, pengarahan, dan pengawasan atau pengendalian.
Manajemen adalah proses kegiatan yang terdiri dari fungsi-fungsi manajemen untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya melalui orang lain.    
Manajemen hanya merupakan alat untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Manajemen yang baik akan memudahkan terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan, dan masyarakat. Dengan manajemen daya guna dan hasil guna unsur-unsur manajemen akan dapat ditingkatkan.
Terdapat banyak definisi atau pengertian mengenai manajemen seperti yang ditulis oleh beberapa ahli manajemen, dimana di dalamnya memberikan rincian yang berbeda, tetapi pada dasarnya memiliki kesimpulan yang serupa.
Menurut Stoner dan Freeman (1993;4) mengatakan: 
“Management is the process of planning, organizing, leading, and controlling the work of organization members and using all available organizational resources to reach stated organizational goals”.

Artinya:
            Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian atas usaha-usaha dari anggota-anggota organisasi dan penggunaan sumber daya lainnya yang ada di dalam organisasi untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.
          Menurut Hasibuan (1994;10) mengatakan bahwa:
          “Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu”.
Dari pengertian-pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah proses yang aktivitasnya saling berkaitan, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian untuk mencapai tujuan atau sasaran yang telah ditetapkan dengan memperhatikan sumber daya yang ada. 

No comments

Powered by Blogger.