Bentuk-bentuk Promosi Jabatan



 Bentuk-bentuk Promosi Jabatan
            Peningkatan upah atau gaji yang menyertai promosi bukanlah merupakan hal yang pokok dalam pelaksanaan promosi jabatan, karena sebenarnya promosi jabatan tidak selalu harus diikuti oleh peningkatan gaji dan fasilitas lainnya seperti yang terjadi pada promosi kering (dry promotion), sebagaimana yang dikemukakan oleh Malayu S.P. Hasibuan (1997:128) “ Promosi kering (dry promotion) adalah seorang pegawai dinaikan jabatannya ke jabatan yang lebih tinggi disertai dengan peningkatan pangkat, wewenang dan tanggung jawab tetapi tidak disertai dengan kenaikan gaji atau upah.
            Senada dengan pengertian diatas Bambang Wahyudi (2002:174) menjelaskan mengenai bentuk-bentuk dari promosi sebagai berikut :
a.   Promosi Sementara
Promosi sementara atau dikenal sebagai Temporary Promotion merupakan suatu bentuk promosi yang dilaksanakan untuk jangka waktu sementara. Bentuk promosi ini biasanya digunakan apabila organisasi harus mengisi suatu jabatan yang kosong untuk sementara waktu karena pejabat yang bersangkutan sedang sakit, cuti, mengikuti pendidikan atau dengan alasan-alasan lain. Untuk mengisi kekosongan tersebut maka salah satu seoang pegawai diangkat untuk sementara guna melaksanakan tugas-tugas jabatan yang bersangkutan. Apabila pejabat yang sebenarnya telah kembali, maka tenaga kerja yang diangkat sementara tersebut kembali ke posisi/jabatannya semula. Promosi sementara ini biasanya tidak diikuti degan perubahan pendapatan tenaga kerja yang bersangkutan.
b.   Promosi Tetap
Suatu promosi tetap atau Permanent Promotion adalah bentuk promosi yang berlangsung dalam jangka waktu relatif lama dan bersifat definitif.
c.   Promosi Kecil
Promosi kecil atau dikenal dengan Small Scale Promotion merupakan suatu promosi yang dilaksanakan dalam bentuk up-grading untuk meningkatkan kecakapan tenaga kerja yang bersangkutan. Dalam bentuk ini, wewenang dan pendapatan tenga kerja tersebut tidak mengalami perubahan.
d.   Promosi Kering
Promosi kering atau Dry Promotion merupakan suatu bentuk promosi yang dilakukan dengan disertai peningkatan bentuk promosi yang dilakukan dengan disertai peningkatan dalam wewenang, hak dan tanggung jawab, tetapi tidak mengalami perubahan dalam pendapatan.

No comments

Powered by Blogger.