Pengertian Kepemimpinan


  Para ahli dalam bidang organisasi umumnya mengajukan pengertian tersendiri mengenai kepemimpinan. Kepemimpinan didefinisikan ke dalam ciri individual, kebiasaan, cara mempengaruhi orang lain, interaksi, kedudukan dalam administrasi dan persepsi mengenai pengaruh yang sah. Ada beberapa pendapat yang dikemukakan oleh para ahli tentang kepemimpinan, diantaranya:
Menurut Gibson, Ivancevich dan Donely yang dialihbahasakan oleh Wahid (1989:263):
“Kepemimpinan adalah suatu usaha untuk mempengaruhi orang atau perorangan (Interpersonal), lewat proses komunikasi untuk mencapai suatu atau beberapa tujuan”.

Menurut Terry yang dialihbahasakan oleh Winardi (1986:343) menyatakan bahwa:
“Kepemimpinan adalah hubungan dimana satu orang yakni pemimpin mempengaruhi pihak lain untuk bekerjasama secara sukarela demi usaha mengerjakan tugas yang berhubungan untuk mencapai hal yang diinginkan oleh pemimpin tersebut”.

Menurut Koontz dan O’donel (1972:459) menyatakan bahwa:
“Kepemimpinan adalah seni atau proses membujuk atau mempengaruhi seseorang sehingga mereka berusaha sekuat tenaga menghasilkan sejumlah keberhasilan atau mempengaruhi semangat kerja”.

Berdasarkan uraian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa kepemimpinan adalah suatu proses dimana seseorang mempengaruhi orang lain atau suatu kelompok dalam usahanya untuk mencapai suatu tujuan tertentu

No comments

Powered by Blogger.