Pengertian Biaya Pemasaran



   Pengertian Biaya Pemasaran
Secara umum dapat dikatakan bahwa biaya yang dikorbankan oleh perusahaan untuk membiayai kegiatan pemasarannya disebut biaya pemasaran.
Mulyadi (1992,221) memberikan pengertian biaya pemasaran dalam dua arti, yaitu :


“1. Dalam arti sempit, biaya pemasaran seringkali dibatasi artinya sebagai biaya penjualan yaitu biaya-biaya yang dikeluarkan untuk menjual dan membawa produk ke pasar.
2.   Dalam arti luas, biaya pemasaran meliputi semua biaya yang terjadi sejak saat produk selesai diproduksi dan disimpan dalam gudang sampai produk tersebut diubah kembali dalam bentuk uang tunai.”

Wilson dan Campbell (1996,292) yang dialihbahasakan oleh Tjintjin Fenix Tjendera, mengemukakan bahwa biaya pemasaran sama dengan biaya distribusi, sebagaimana dinyatakan berikut ini :
“Biaya distribusi dapat didefinisikan sebagai biaya yang berhubungan dengan semua kegiatan, mulai dari saat barang-barang yang telah dibeli atau diproduksi sampai barang-barang tersebut tiba di tempat pelanggan”.

Definisi ini hampir sama dengan definisi dalam arti sempit yang dikemukakan oleh Mulyadi. Penulis cenderung memberikan pengertian biaya pemasaran seperti definisi dalam arti luas yang dikemukakan oleh Mulyadi, yaitu semua biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam usaha menjual produknya setelah produk siap untuk dijual termasuk usaha-usaha untuk mendapatkan pasar bagi produknya sampai pada penerimaan hasil penjualan tersebut.

No comments

Powered by Blogger.