Komponen dalam Saluran Distribusi



  Komponen dalam Saluran Distribusi
Dari gambar di atas penulis ingin mengemukakan komponen-komponen yang terkait dalam saluran distribusi. Menurut Fandy Tjiptono dalam bukunya Strategi Pemasaran edisi II (2001;  191) komponen-komponen saluran distribusi terdiri atas:
“1.  Retailling
2.   Wholesaler
3.   Broker and Agen”
Berdasarkan komponen di atas maka penulis menyimpulkan bahwa pearantara dapat dibedakan menjadi tiga jenis yang telah disebutkan di atas.

2.1    Pengertian dan Fungsi Retailling
Retailling merupakan semua kegiatan penjualan barang dan jasa secara langsung kepada konsumen akhir untuk pemakaian pribadi dan rumah tangga, bukan untuk keperluan bisnis.
Menurut Fandy Tjiptono dalam bukunya Strategi Pemasaran edisi II (2001;  191) fungsi utama dari retailling ada empat diantaranya:
“1.  Membeli dan menyimpan barang
2.   Memindahkan hak milik barang tersebut kepada konsumen akhir.
3.   Memberikan informasi mengenai sifat dasar dan pemakaian barang tersebut.
4.   Memberikan kredit kepada konsumen (dalam kasus tertentu)”

Berdasarkan uraian di atas maka penulis mengambil kesimpulan bahwa fungsi dari retailling hanya menyalurkan dan menyediakan tempat untuk memasarkan produk, dan biasanya retailling ini di tunjuk oleh pihak produsen.

No comments

Powered by Blogger.