Penggolongan Biaya Pemasaran



 Penggolongan Biaya Pemasaran
Menurut Mulyadi (1993,530), biaya pemasaran secara garis besar dapat dibagi menjadi dua golongan, yaitu :
1.      Biaya untuk mendapatkan pesanan (order-getting cost), yaitu semua biaya yang terjadi dalam usaha memperoleh pesanan. Contoh biaya yang termasuk golongan ini antara lain : biaya gaji wiraniaga (sales person), komisi penjualan, advertensi, dan promosi.
2.      Biaya untuk memenuhi pesanan (order-filling cost), yaitu semua biaya yang dikeluarkan untuk mengusahakan agar produk sampai ke tangan pembeli termasuk juga biaya-biaya untuk menagih piutang dari pembeli. Contoh biaya yang termasuk golongan ini adalah : biaya pergudangan, biaya pembungkusan dan pengiriman, biaya angkutan, dan biaya penagihan.
Biaya pemasaran dapat juga digolongkan menurut fungsi atau kegiatan pemasaran. Ini merupakan langkah awal dalam pengendalian biaya-biaya pemasaran, yaitu dengan mengelompokkan biaya-biaya tersebut menurut fungsi atau kegiatannya sebagai berikut :
1.      Fungsi Penjualan, adalah biaya-biaya yang berhubungan dengan penjualan suatu produk dari produsen ke konsumen. Contoh biaya ini adalah : gaji karyawan fungsi penjualan, bonus, komisi dan biaya perjalanan.
2.      Fungsi Promosi, adalah biaya-biaya yang berhubungan dengan kegiatan promosi yang dilakukan perusahaan. Contoh biaya ini adalah : gaji karyawan fungsi promosi, biaya iklan (biaya brosur, pameran, hadiah), biaya demo dan biaya contoh barang.
3.      Fungsi Pergudangan, adalah biaya-biaya yang berhubungan dengan penyimpanan produk jadi sebelum produk tersebut sampai ke tangan konsumen. Contoh biaya ini adalah : biaya gaji karyawan fungsi pergudangan, biaya pemeliharaan gudang dan biaya sewa gudang.

4.      Fungsi Pembungkusan dan Pengiriman, adalah biaya-biaya yang berhubungan dengan pembungkusan produk jadi dan pengiriman produk ke tangan konsumen. Contoh biaya ini adalah : gaji karyawan fungsi pembungkusan dan pengiriman, biaya bahan pembungkus, dan biaya pengangkutan.
5.      Biaya Akuntansi Pemasaran, adalah biaya-biaya yang berhubungan dengan pencatatan administrasi pemasaran. Contoh biaya ini adalah : gaji karyawan fungsi Akuntansi pemasaran dan biaya kantor.

No comments

Powered by Blogger.