Pengertian Promosi



  Pengertian Promosi
Promosi adalah segala aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan dan membujuk pasar konsumen bagi produk perusahaan. Promosi merupakan kegiatan penting para perusahaan. Suatu perusahaan tidak akan berguna selama produk tersebut tidak sampai pada konsumen yang membutuhkan. Dengan adanya promosi maka konsumen akan mengetahui adanya suatu produk baru akan keluar kepasaran.
Dalam kegiatan perusahaan, kadang istilah promosi digunakan secara sinonim dengan istilah penjualan. Meskipun yang dimaksud adalah promosi yang sebenarnya. Istilah penjualan itu meliputi kegiatan pemindahan barang atau serta penggunaan saja, adapun pengertian promosi dapat kita lihat dari beberapa pendapat para ahli, diantaranya :
Rossiter and Percy (1998:3) mengemukakan pengertian promosi sebagai berikut :
“Promotion are often regarded as a more direct form of persuasion, based frequently on external incentives rather than inherent product benefit, designed to stimulate immediate purchase and to “move sales forward” more rapidly than would otherwise occur”


Pengertian promosi menurut William J. Stanton dikutip oleh Djaslim Saladin (2004:171) adalah sebagai berikut :
“Promosi adalah salah satu unsur dalam bauran pemasaran perusahaan yang didayagunakan untuk memberitahukan, membujuk, dan mengingatkan tentang produk perusahaan”
Promosi menurut William Schoell dalam Buchari Alma (2004:179)
“Promosi ialah usaha yang dilakukan oleh marketer, berkomunikasi dengan calon audiens. Komunikasi adalah suatu proses membangun ide, informasi atau perasaan audiens”
Dari definisi diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa promosi merupakan kegiatan komunikasi untuk menyebarkan informasi yang bersifat mempengaruhi, membujuk dan menarik konsumen.

No comments

Powered by Blogger.