Bauran Pemasaran



Bauran Pemasaran
Bauran Pemasaran adalah alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam pasar sasaran. Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat antar perusahaan maka saluran distribusi harus lebih ditingkatkan. Saluran distribusi merupakan salah satu bagian dari marketing mix (bauran pemasaran). Marketing mix ini terdiri dari variabel-variabel yang dapat digabungkan perusahaan untuk mempengaruhi permintan akan produknya, dan  variabel-variabel tersebut lebih dikenal dengan 4P yang dikemukakan oleh McCarthy adalah :
 “1.  Product
2.   Price
3.   Place
4.   Promotion”

Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke suatu pasar untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan baik berupa barang maupun jasa.
Price adalah sejumlah biaya (dalam bentuk uang ) yang harus dikeluarkan untuk  mendapatkan produk, baik barang atau jasa.
Place adalah tempat berbagai kegiatan yang harus dilakukan oleh perusahaan dalam menyediakan produk dalam jumlah yang tepat dan menempatkannya pada tempat yang tepat pula, sehingga produk tersebut selalu tersedia pada saat konsumen atau pelanggan membutuhkannya.
Promotion adalah suatu usaha yang dilakukan oleh perusahaan dalam memasarkan produknya.

No comments

Powered by Blogger.