Pengertian Penilaian Prestasi Kerja



Pengertian Penilaian Prestasi Kerja
Setiap perusahaan menginginkan agar para karyawannya berprestasi dengan baik, karena dengan prestasi yang baik maka keberadaan perusahaan dapat dipertahankan.
Pengertian prestasi kerja sendiri menurut beberapa ahli sebagai berikut :
Agus Dharma berpendapat bahwa :
“Prestasi kerja adalah sesuatu yang dikerjakan atau produk dan jasa yang dihasilkan atau diberikan seseorang atau sekelompok  orang”.  (1985 : 1)

Musanef berpendapat bahwa :
“Prestasi kerja adalah kemampuan seseorang dalam usaha mencapai hasil kerja yang lebih baik/lebih menonjol kearah tercapainya tujuan organisasinya”. (1991 : 60).

Sedangkan Hasibuan berpendapat bahwa :
“Prestasi kerja adalah suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas – tugas yang dibebankan kepadanya yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman dan kesungguhan serta waktu”. (1997 : 105)

Kesimpulan prestasi kerja adalah produk atau jasa yang dihasilkan oleh seorang atau sekelompok orang dalam usaha mencapai hasil usaha kerja yang lebih baik kearah tercapainya organisasi yang berdasarkan pada kecakapan, pengalaman dan kesungguhan serta waktu.
Dalam setiap perusahaan prestasi kerja perlu dievaluasi sebagai dasar untuk pengambilan keputusan mengenai kenaikan gaji, penugasan, promosi, keperluan training dan lain – lain yang mempengaruhi karyawan dalam pelaksanaan tugasnya. Menurut M. Manulang (1991 : 118) penilaian prestasi kerja adalah suatu penilaian secara sistematis kepada para pegawai oleh beberapa ahli untuk tujuan tertentu”.
Kesimpulan dari pendapat – pendapat di atas bahwa penilaian prestasi kerja merupakan proses penilaian secara sistematis terhadap prestasi kerja karyawan untuk tujuan tertentu, yang dilakukan secara formal untuk mengevaluasi pegawai dalam organisasi.
Menurut T. Hani Handoko (1997 : 135) mengatakan bahwa kegunaan penilaian prestasi kerja dapat dirinci sebagai berikut :
1.      Perbaikan Prestasi Kerja
Umpan balik pelaksanaan kerja memungkinkan karyawan, manajer dan departemen personalia dapat membentulkan kegiatan – kegiatan mereka untuk memperbaiki prestasi.
2.      Penyesuaian – penyesuaian Kompensasi
Evaluasi prestasi kerja membantu para pengambil keputusan dalam menentukan kenaikan upah, pemberian bonus dan bentuk kompensasi lainnya.
3.      Keputusan – Keputusan Penempatan
Promosi, transfer dan demosi biasanya didasarkan pada prestasi kerja masa lalu atau antisipasinya. Promosi sering merupakan bentuk penghargaan terhadap prestasi kerja masa lalu.
4.      Kebutuhan – Kebutuhan Latihan dan Pengembangan
Prestasi kerja yang jelek mungkin menunjukkan kebutuhan latihan. Demikian juga, prestasi yang baik mungkin mencerminkan potensi yang harus dikembangkan.
5.      Perencanaan dan Pengembangan Karier
Umpan balik prestasi mengarahkan keputusan – keputusan karier, yaitu tentang jalur karier tertentu yang harus diteliti.
6.      Penyimpangan – Penyimpangan Proses Staffing
Prestasi kerja yang baik atau jelek mencerminkan kekuatan atau kelemahan prosedur staffing departemen personalia.
7.      Ketidak akuratan internasional
Prestasi kerja yang jelek mungkin menunjukkan kesalahan – kesalahan dalam informasi analisis jabatan, rencana – rencana sumber daya manusia, atau komponen – komponen lain sistem informasi manajemen personalia. Menggantungkan diri pada informasi yang tidak akurat dapat menyebabkan keputusan – keputusan personalian yang diambil tidak tepat.
8.      Kesalahan – Kesalahan Desain Pekerjaan
Prestasi kerja yang jelek mungkin merupakan suatu tanda kesalahan dalam desain pekerjaan. Penilaian prestasi membantu diagnosa kesalahan – kesalahan tersebut.
9.      Kesempatan Kerja Yang Adil
Penilaian prestasi kerja secara akurat akan menjamin keputusan – keputusan penempatan internal diambil tanpa deskriminasi.
10.  Tantangan – Tantangan Eksternal
Kadang – kadang prestasi kerja dipengaruhi oleh faktor – faktor diluar lingkungan kerja, seperti keluarga, kesehatan, kondisi financial atau masalah –masalah pribadi lainnya. Dengan penilaian prestasi departemen personalia mungkin dapat menawarkan bantuan.

No comments

Powered by Blogger.